Jumat, 27 Agustus 2021

Tourism Mount SEMERU

Baca Juga

 
Semeru yang terkenal dengan puncaknya Mahameru, adalah salah satu gunung yang termasuk kategori bergejolak akhir-akhir ini.  Berada di ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi di Jawa. 
 
Pada bulan Juni 2006, dikabarkan gunung ini pernah mengalami gempa vulkanik sebesar 1,8 scala righter dan pada bulan Mei 2012 mulai bergejolak. Maka tak heran bila gunung Semeru dikhawatirkan akan mengalami hal yang sama dengan gunung Kelud atupun Gunung Slamet yang merupakan barisan gunung yang aktif akhir-akhir ini. Berita terakhir, gunung Slamet sudah masuk dalam aktifitas Waspada.



Mount Semeru Trek.
Legenda puncak Mahameru sudah sangat terkenal di dunia. Puncaknya yang tinggi dan  memerlukan waktu 4 hari untuk mendakinya (pulang pergi) Puncak Gunung Semeru  sering mengeluarkan gas beracun. Sehingga puncak semeru disebut juga wedhus gembelnya di puncaknya. Wedhus gembel adalah bahasa Jawa yang artinya kambing gimbal. Para pendaki dilarang keras berada di lokasi ini pada saat dia mengeluarkan gas beracun bagi manusia. Umumnya, gunung mengeluarkan gas pada siang hari.


Paket wisata yang banyak ditawarkan adalah berwisata di bawah kaki gunung Semeru. Lokasinya adalah Ranu Kumolo. Ranu Kumolo merupakan danau tempat berkumpul terakhir dari pendaki sebelum melakukan pendakian. Suasana yang tenang di pinggir danau, membuat para pendaki yang akan naik dan baru turun dapat mempersiapkan diri serta melepas lelah di pinggir danau ini. Sehingga, bagi wisatawan yang tidak mendaki bisa berwisata hingga di Ranu Kumolo ini. Lokasi yang luas, sangat memungkinkan bagi siapa saja mendirikan tenda untuk beritirahat. Maka tak heran, banyak orang  mengabadikan danau ini dalam cerita, foto, lukisan dan lagu. Salah satu lagu yang sempat dirilis adalah Mahameru (dewa 19).

Mahameru

Mendaki Melintas Bukit
Berjalan Letih Menahan Beban Berat
Bertahan di dalam dingin
Berselimut Ranu Kumolo

Menatap jalan setapak
Bertanya-tanya sampai kapankah berakhir
Mereguk Nikmat susu coklat
Menjalin persahabatan dalam suasana tenda
Bersama sahabat mencari damai
Mengasah pribadi mengukir cinta

dan seterusnya  (by : Dewa 19_lirik lagu )


|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar