Rabu, 25 Maret 2020

Berwisata ke Gunung Bromo - Probolinggo Jawa Timur

Baca Juga

Gunung Bromo yang terletak di Probolinggo - Jawa Timur adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Walaupun masih aktif, kawah gunung Bromo hingga saat ini masih ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Kawahnya di sebelah utara-selatan memiliki garis tengah 800 m dan di sebelah timur dan barat memiliki garis tengah 600 m. Kawah ini masih terus mengeluarkan asap belerang putih.

Akses Menuju Gunung Bromo 

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Berada dalam 4 wilayah yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Sehingga untuk akses ke gunung Bromo sangat mudah, dapat ditempuh dari beberapa penjuru dari daerah Jawa Timur. 
 

1. Jalur dari Probolinggo adalah : 

Tongas - Lumbang - Sukapura - Ngadisari - Cemoro Lawang - Gunung Bromo 

2. Jalur Lainnya. 

Atau juga bisa dari Ketapang - Patalan - Sukapura - Ngadisari - Cemoro Lawang - Gunung Bromo. Dari Kabupaten Malang : Tumpang - Gubuk Klakah - Jemplang - Penanjakan - Gunung Bromo. 
 

3. Dari Pasuruan :  

Wonorejo -  Warungdowo - Tosari - Wonokitri - Penanjakan - Gunung Bromo. Dari Lumajang : Senduro - Bumo - Ranu Pane - Gunung Bromo.

Salah satu keajaiban dari Gunung Bromo ini adalah kaldera atau lautan pasir yang luasnya mencapai 10 km. Kaldera ini terletak diantara lembah dan ngarai gunung Bromo. 
 
Luasnya lautan pasir inilah yang telah membuat wisatawan datang berbondong-bondong menikmati fenomena alam ini. Untuk melewati lautan pasir, di kawasan ini banyak disewakan kuda atau jeep. 
 
Tapi tak jarang wisatawan atau para pendaki melaluinya dengan berjalan kaki. Wisatawan juga telah sangat menikmati keindahan dari sunrise dari puncak gunung Bromo.

Sejarahnya, nama Bromo berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya Brahma. Brahma adalah seorang Dewa yang dipercaya oleh penganut agama Hindu. Gunung Bromo terakhir meletus tahun 2010 dan letusan terbesar terjadi pada tahun 1974. 

Bagi penduduk gunung Bromo atau masyarakat Tengger, Bromo dianggap sebagai gunung suci. Setiap tahun masyarakat menyelenggarakan acara Kasodo. 
 
Upacara ini berlangsung di sebuah Pura dan berakhir di puncak gunung Bromo, setiap bulan Purnama pada tanggal 14 atau 15 di bulan kasodo (ke-sepuluh) menurut penanggalan Jawa. 
 
Pada gambar terlihat bagaimana para wisatawan turun ke kawah melalui tangga yang sudah dibuat oleh masyarakat di sana.

Keberadaan Bromo sebagai salah satu area wisata di Jawa Timur, telah dimanfaatkan oleh warga sekitar maupun biro-biro perjalanan untuk mengais rezeki. Di bawah kaki Gunung Bromo telah banyak dibangun rumah-rumah penginapan bagi wisatawan.

Bagi anda yang ingin berwisata ke Bromo, anda dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kemampuan dompet. Harganya tergantung dari fasilitas kamar. Ada beberapa penginapan murah yang fasilitasnya hampir sama dengan hotel-hotel yang ada di sekitar gunung Bromo. 
 
Namun banyak juga rumah penduduk yang disewakan untuk wisatawan. Mulai dari desa Sukapura sampai Ngadisari dan Cemoro Lawang. Informasi tempat penginapan yang anda butuhkan dapat anda peroleh di tempat-tromempat persewaan jeep. 

Banyak paket wisata yang ditawarkan ke gunung Bromo dari yang termurah hingga yang termahal. Salah satu paket menarik yang banyak diambil oleh wisatawan adalah paket wisata 3 Hari -  2 Malam. 
 
Pada hari pertama wisatawan akan diajak untuk menikmati keindahan Kota Malang. Pada hari ke-dua wisatawan akan diajak untuk menikmati keindahan Gunung Bromo. Pada hari ke - tiga wisatawan akan diajak untuk mengunjungi area rekreasi di kota Malang. 
 
Biaya paket yang ditawarkan adalah dari 1,1 juta  - 4,2 juta. Fasilitas yang diperoleh mulai dari penjemputan dan pengembalian dengan menggunakan transport ber - AC, tiket masuk Bromo, Akomodasi hotel selama 2 malam. Paket yang disediakan ini non makan, agar wisatawan dapat berwisata kuliner di tempat-tempat rekreasi di gunung Bromo maupun di sekitar kota Malang.

Luar biasa, ditunggu kedatangannya ya ...angan lupa untuk mengunjungi tempat wisata lainnya seperti pantai Turoloto yang terkenal dengan wisata terapungnya, danau Toba yang memiliki pulau Samosir di tengah danau, pulau Umang ataupun hingga wisata raja 4 di papua. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar