Jumat, 27 Agustus 2021

Danau Singkarak- Primadona Pariwisata Sumatra Barat

Baca Juga

Halo teman-teman, kunjungan wisata kita kali ini adalah di Danau Singkarak. Danau Singkarak adalah primadona pariwisata yang terletak di daerah Padang-Sumatra Barat, Indonesia. Tepatnya di antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. 
 
Danau ini merupakan danau terbesar ke dua di pulau Sumatra. Danau yang paling besar adalah Danau Toba - Sumatra Utara.  Untuk menambah referensi, teman-teman juga dapat membaca beberapa wisata danau yang telah ditulis di blog ini.

Selain sebagai daerah wisata, danau yang memiliki luas 107.8 km persegi ini, digunakan juga sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Air dari danau diteruskan melalui terowongan yang menembus pegunungan Bukit Barisan dan menggerakkan turbin PLTA di dekat lubuk alung - Padang Pariaman. Danau singkarak memiliki ketinggian 363 m di atas permukaan laut. Di sekeliling danau terlihat pegunungan bukit barisan yang menghijau. Di kaki pegunungan terhampar sawah-sawah penduduk. Sehingga menimbulkan pemandangan "nan elok" (yang cantik) kata orang Padang.

Ikan yang hidup di danau Singkarak ada sebanyak 19 jenis. Yang didominasi oleh ikan Bilih / Biko (Mystacoleusus padangensis Bikr), Asang / Nilam (Osteochilus brahmoides) dan Rinuak. Banyaknya populasi ikan Bilih di danau, membuat ikan Bilih menjadi salah satu makanan khas masyarakat sekitar. Tidak banyaknya species ikan yang hidup di danau ini, disebabkan adanya keterbatasan makanan dari ekosistem ikan. Menurut peneliti, makanan ikan terutama plankton dan betos sangat rendah.

Danau singkarak merupakan primadona pariwisata Sumatra Barat. Untuk mendongkrak wisatawan domestik dan manca negara, pemerintah sering mengadakan event - event olahraga di danau ini. Di danau setiap tahun diadakan "Lomba Perahu Naga". Lomba ini mengangkat budaya Tionghoa yang sudah sejak lama masuk ke daerah Minangkabau - Padang. Ternyata peserta dari lomba ini bukan saja berasal dari penjuru tanah air. Ada juga yang berasal dari beberapa negara tetangga, seperti : Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, China dan Thailand ... Luar Biasa.

Event olahraga lainnya adalah Balap Sepeda "Tour De Singkarak". Ini adalah kejuaraan resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cyliste International) yang diadakan setiap tahun di Sumatra Barat. Tepatnya antara bulan April dan Juni. Kejuaraan ini mulai diadakan sejak tahun 2009 dan menjalin kerjasama dengan Amaury Sport Organization yang menjadi penyelenggara Tour de France di Prancis ... Woww keren.

Tour de Singkarak ini akan diadakan pada tanggal 2 - 10 Juni 2014 mendatang. Perlombaan masih menggunakan kelas 2,2. Panitia masih diusahakan agar perlombaan ini digelar di kelas 2,1. Naiknya peringkat kelas, diharapkan dapat mendatangkan pembalap-pembalap kelas dunia. Hal ini juga akan berimbas dari jumlah dan kualitas wisatawan yang datang dari seluruh penjuru dunia tentunya  .... Olalaa :)

Untuk mengelilingi danau Singkarak ini dapat menggunakan kereta api. Sayangnya, kereta api ini hanya beroperasi di hari Minggu. Kereta ini mulai berangkat jam 8 pagi. Tarif tiketnya murah, dari Solok ke Sawahlunto hanya 10 ribu rupiah. Sawahlunto - Batu Tebal, cuma 20 ribu. Start kereta api ini dari Sawahlunto menuju Solok dan berakhir di Batu Tebal. Meski rute yang ditempuh sangat jauh, tapi dengan pemandangan yang elok tentunya membuat teman-teman betah duduk berlama-lama.

Akses menuju danau Singkarak ini dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum dari kota Padang. Waktu yang ditempuh kurang lebih 2,5 jam. Ongkos perjalanan dengan angkutan umum sekitar 20 - 25 ribu. Ada juga mobil-mobil sewa yang dibandrol 300 - 400 ribu per-hari. Begitu sampai di Danau Singkarak, teman-teman dapat menginap di hotel-hotel melati hingga hotel berbintang 4, seperti hotel Palapa, hotel Sumpur dan hotel Jayakarta. 

Masih tersisa waktu kurang lebih 4 bulan untuk menyaksikan Tour de Singkarak di bulan Juni mendatang. Teman-teman dapat berlatih sepeda mulai dari sekarang. Siapa tau bisa menang di sana. Wah asik tuh kalo menang. Udah berlibur, dapat hadiah lagi. Tapi kalo kalah, paling tidak berlibur aja deh dan coba lagi tahun depan ....  (^_^)


Hamparan Sawah di Sekitar Danau Singkarak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar