Jumat, 27 Agustus 2021

Taman Wisata Bawah Laut di Sulawesi

Baca Juga



Orang-orang yang saya temui di perjalanan selalu mengatakan " Bila anda penasaran ingin melihat taman yang paling indah di bawah laut, pergilah ke Bunaken". Jadi penasaran .... :)

Wah memang benar ... Bunaken memiliki keindahan taman laut yang spektakuler. Salah satu keunikannya adalah taman lautnya mencapai kedalaman 1.344 m. Terumbu karang yang terdapat di dasar laut Bunaken menjadi tempat hidup bagi 2000 lebih jenis ikan dan beragam biota laut. Jenis ikan yang banyak dijumpai adalah : wrase, dansel, sweetlip, trigger, kuda laut dan lain-lain. Sedangkan ikan - ikan besar yang banyak di sana adalah : ikan paus, lumba-lumba, ikan pari, ikan hiu berkepala palu, ikan tuna dan masih banyak lainnya.

Bunaken merupakan sebuah pulau yang terdapat di teluk Menado - Sulawesi Utara. Luas pulau ini sekitar 8.08 km persegi. Secara keseluruhan taman laut yang ada di Sulawesi Utara memiliki area seluas 75.265 ha. Ternyata selain pulau Bunaken, masih ada 4 pulau lagi yang terdapat di dalam taman laut ini, yaitu : Pulau Menado Tua (Manarauw), Pulau Siladen, Pulau Mantehage dan pulau Naen. 

Namun wisatawan kerap mengunjungi Pulau Bunaken karena taman lautnya memiliki 12  titik penyelaman dari 20 titik yang ada. Dari 12 titik penyelaman di Bunaken inilah keindahan taman lautnya lebih spektakuler dan memiliki kedalaman yang bervariasi hingga 1.344 m. Sehingga taman laut di sekitar pulau Bunaken disebut "Taman Nasional Bunaken".

Untuk menikmati  taman laut ini, teman-teman harus bisa menyelam. Teman-teman tidak perlu membawa peralatan selam, karena di sana banyak disewakan peralatan selam. Untuk sewa  peralatan selam ini, teman-teman cuma merogoh kocek sekitar 100 ribuan per hari.  

Nah bagi teman-teman yang bisa berenang tapi belum bisa menyelam dapat sekalian belajar. Di sana banyak sekali pemandu yang menawarkan pelajaran menyelam. Jadi dapat ilmu menyelam sekalian menikmati taman lautnya ... Olalaa

Jangan kuatir, bagi  teman-teman yang tidak bisa berenang, teman-teman tetap dapat menyaksikan keindahan taman laut Bunaken. Caranya dengan melakukan snorkling (mengapung di atas air). Snorkling ini hanya menggunakan baju pelampung dan kaca mata renang tanpa harus menyelam ke dasar laut. Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan untuk menikmati taman laut bunaken adalah dengan berjalan atau menggunakan perahu, menyusuri pantai dan menyaksikan keindahannya.

Akses menuju ke pulau Menado dapat ditempuh dengan pesawat dari kota-kota besar di Indonesia. Nama bandara di Menado adalah bandara Sam Ratulangi. Dari bandara ke kota Menado dapat ditempuh dengan Taxi dengan tarif 100 ribunan. 

Menuju ke pulau Bunaken dapat dimulai dari pelabuhan Menado ataupun dari Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Menado dapat menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Sedangkan bila dari  Marina Blue Banter dapat menggunakan kapal pesiar dengan waktu tempuh sekitar 10 - 15 menitan. Ada juga yang menyewa kapal dari Pasar Bersehati dengan tarif  /sewa  sekitar 300 - 400 ribu rupiah.

Atau bila teman-teman ingin menggunakan paket wisata, teman teman dapat  Klik disini. Paket ini menawarkan biaya perjalanan untuk 1 hari, yang dimulai dari 2 orang dengan biaya paket 750 ribu / orang. Hingga rombongan 51 - 100 orang dengan biaya paket 200 ribu / orang. Ada juga paket untuk 3 hari 2 malam dengan fasilitas akomodasi hotel berbintang empat.

Wisata taman laut Bunaken memang mengasyikkan ya... Silahkan teman-teman yang ingin berlibur, menjadikan taman laut Bunaken menjadi salah satu alternatif tempat tujuan wisata anda.  Selamat berlibur ....

Sunset di Pantai Bunaken 

Salah Satu Model Cottage di Bunaken



Salah satu Event yang diadakan di Pantai Bunaken

Tidak ada komentar:

Posting Komentar