Kamis, 20 Agustus 2020

Danau Toba Memiliki Pulau dalam Pulau

Baca Juga

 
Danau Toba merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang  kerap dikunjungi di daerah Sumatra Utara. Selain danau Toba, Sumatra Utara juga terkenal dengan wisata lainnya seperti : Bukit Lawang, Nias Island dan Brastagi. 

Bila teman-teman berkunjung ke Danau Toba, teman-teman dapat melihat keunikan dari danau ini. Di tengah- tengah danau terdapat sebuah pulau. Namanya pulau Samosir. Danau Toba dan Pulau Samosir inilah yang acapkali dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara.


Sebenarnya danau Toba adalah danau vulkanik. Luasnya 100 km dan lebarnya 30 km dan termasuk danau yang terbesar di Asia Tenggara. Danau ini diperkirakan terbentuk sekitar 73.000 - 75.000 tahun yang lalu ... Olala ... Udah lama ya ..

Danau ini terbentuk dari ledakan yang keras dan membentuk kaldera. Kaldera ini kemudian terisi air dan menjadi danau. Magma yang belum keluar seluruhnya, menekan ke atas dan menyebabkan munculnya pulau Samosir. Kendaraan yang dipakai menuju pulau Samosir adalah speed boat atau kapal penumpang yang seperti terlihat pada gambar dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Biasanya, pemandu wisata akan mengarahkan pengunjung melihat batu gantung (ada legendanya) sebelum mengunjungi pulau Samosir.

Sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia, danau Toba memiliki keindahan alam yang menarik. Danau toba memiliki keindahan air danau yang jernih serta hamparan pegunungan yang menyejukkan. Danau yang terletak di ketinggian 900 dari permukaan laut, menjadikan pemandangan yang sangat indah bila orang-orang melihat dari atas. 

Selain menikmati keindahan alam, teman-teman juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti mendaki gunung, berenang dan mengunjungi pulau Samosir. Wahana lainnya sama dengan wisata air yaitu banana boat, speed boat, sepeda air dan lain -lain.

Kegiatan olahraga yang sering dipertontonkan dan dipertandingkan adalah balap perahu. Kegiatan ini sangat digemari oleh masyarakat setempat. Demikian juga dengan wisatawan yang berkunjung ke sana.

Pulau Samosir juga memiliki panorama yang tidak kalah indahnya. Disana juga sangat kental budayanya. Banyak situs-situs peninggalan nenek moyang suku batak yang masih terdapat di sana. Tidak ketinggalan dengan rumah adat yang masih kokoh yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi yang punya hobi jepret sana jepret sini ...

Perjalanan dari ibukota Sumatra Utara (Medan) ke danau toba yang terdapat di kota Parapat dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama 3-4 jam. Perjalanan ke danau Toba ditempuh dengan kendaraan pribadi, travel maupun bis. Teman-teman dapat juga mengambil paket wisata ke danau Toba. Salah satunya adalah paket wisata yang ditawarkan oleh agenwisata yang dapat dihubungi di 061-77522333 atau +6285262522333. 

Salah satu paket wisata yang ditawarkan adalah : Paket 3 hari - 2 malam, mulai dari harga 1.400.000 - 2.300.000 rupiah / orang. Harga itu sudah termasuk: 

  • Akomodasi hotel 2 malam, yaitu 1 hari di Parapat dan 1 hari di Medan. Wisata dimulai dari kota Medan dan kembali ke kota Medan lagi.
  • Makan Pagi 2 kali, siang 2 kali dan makan malam 2 kali dengan standar Asia
  • Kapal motor untuk wisata ke Pulau Samosir
  • Karcis masuk area wisata dan parkir
  • Transportasi bus AC selama tour tergantung dari jumlah peserta tour,  kalau sedikit pakai minibis, tapi kalo rombongan memakai bus.
  • Pemandu wisata
  • Air Mineral selama di dalam mobil / bus 
Wisata ke danau toba sangatlah menarik. Teman-teman yang belum pernah ke sana dapat memasukkan Danau Toba sebagai wisata berikutnya bersama teman maupun keluarga. Selamat berlibur ...


Patung si Gale-Gale di salah satu Hotel di Danau Toba



Batu Gantung yang terdapat di danauToba

Wahana bermain di Danau Toba



2 komentar:

  1. danau toba kampung saya, walaupun saya lahir di medan tapi orang tua saya selalu mengingatkan kalau samaosir itu adalah tempat yang paling indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. trima kasih udah mampir, wahh ... asik donk kalo pnya kampung daerah wisata ... saya sudah pernah sekali ke sana, hanya 3 hari, danaunya indah ya ...

      Hapus