Jumat, 27 Agustus 2021

Way Kambas di Lampung

Baca Juga


Way Kambas di Lampung-Ingin melihat kehidupan gajah liar yang telah dijinakkan ??  Atau pengen lihat si mas-mas yang gendut dan liar ini dilatih ?? Kalo pengen, teman-teman dapat berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas - Lampung, Waoww tentunya seru banget ya ..... Saya jadi ingat sohib akrab saya yang gendut tapi lincah banget, sepertinya dia alumni dari Way Kambas ini ya .. hehehe

Ternyata taman ini termasuk salah satu cagar alam yang ada di Indonesia. Terletak di ujung selatan pulau Sumatra dan menempati areal seluas 1300 km persegi. Way kambas yang merupakan tempat konservasi yang meliputi : penjinakan, pelatihan dan perkembangbiakan gajah. Taman ini juga banyak ditumbuhi  pohon buah-buahan tropis.

Jenis gajah yang terdapat di Way Kambas adalah gajah Sumatra (Elephas Maximus Sumatranus). Gajah jenis ini sudah semakin sedikit jumlahnya dan di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Way kambas ini sudah ada 300 ekor gajah yang sudah dijinakkan dan dilatih. Setelah dilatih gajah-gajah yang ganteng dan gendut ini dapat dijadikan sebagai tunggangan, melakukan berbagai atraksi, mengangkut kayu dan membajak sawah. Bila sudah lulus sekolah, si gajah akan di kirim ke seluruh kebun binatang yang ada di nusantara. 

Jarak Way Kambas dengan kota Bandar Lampung hanya sekitar 112 km dan sangat mudah dilalui. Dengan menggunakan Taxi dari bandar udara Radin Inten, teman-teman dapat tiba di way kambas dalam waktu kurang lebih 100 menit. Sebelum masuk ke Pusat Konservasi Gajah (PKG), kita harus membayar 2.500 rupiah untuk tiket dan 6.000 rupiah untuk mobil. Sebaiknya perjalanan dapat dimulai dari pagi hari dan pada saat magrib sudah bisa kembali ke kota bandar lampung.

Dari pintu gerbang, kita harus masuk lagi kurang lebih 10 km hingga tiba di PKG. Setelah tiba di sana, teman-teman bisa langsung ke Visitor Center untuk meminta informasi mengenai safari gajah. Safari gajah ini adalah berkeliling bersama mas gajah yang gendut, dengan biaya terjangkau. Cuma mengeluarkan kocek sebesar 150.000 rupiah per-orang bukan per-gajah lho ... :)

Satu ekor gajah dapat ditunggangi oleh 3 orang dan sudah bisa langsung keliling Way Kambas bersama artisnya si gajah sumatra. Semua gajah yang diajak bersafari dijamin ganteng dan gendut oleh pawangnya. Safari sudah termasuk mengunjungi tempat konservasi atau pelatihan gajah serta bonus acara keluar masuk rawa, padang rumput dan acara memandikan gajah atau dimandiin si gajah yang gendut, kalo mau ... Olala :)

Sedangkan bila teman-teman yang ingin menikmati paket wisata dapat mengunjungi agen-agen tour yang banyak terdapat di kota Bandar lampung. Di Taman Nasional Way Kambas ini, teman-teman dapat menyaksikan beberapa atraksi gajah seperti : pertandingan bola kaki antar gajah, gajah menari, berjabat tangan, memberi hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, keliling hutan wisata dengan menunggangi gajah, dan masih banyak atraksi lainnya.

Selain gajah di Taman Nasional Way Kambas ini terdapat juga hewan langka lainnya seperti : Badak Sumatra, Harimau Sumatra, Mentok Rimba dan Buaya Sepit. Tanaman langka banyak juga terdapat di sini seperti Pidada, Api-Api, Nipah dan Pandan, Di bagian pesisir Taman Nasional, banyak juga ditemukan binatang lainnya seperti bangau, Tongtong, Sempidan biru, Kuau raja, burung Prependang Timur dan beberapa burung lainnya.

Asyik kan teman-teman, berlibur ke Way Kambas yukk ...........

Anak gajah sedang disusui pawangnya
 Keluarga Gajah yang Harmonis

2 komentar:

  1. Kami pernah berkunjung kesana, dan tempatnya fantastic sekali, terutama melihat alamnya yang masih segar, belum terkontaminasi pencemaran udara,

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik donk mas, kapan kesana lagi ?? trims udah mampir ke blog ya ...

      Hapus