Jumat, 27 Agustus 2021

Jalan-Jalan ke Puncak - Taman Safari Bogor

Baca Juga


"Wisata Daerah Puncak" Pada hari - hari libur seperti week end, hari terjepit nasional (harpitnas) atau liburan sekolah, banyak orang Jakarta dan wisatawan berbondong-bondong ke puncak. Ada apa sih di puncak ?? 
 
Oh .. ternyata warga Jakarta dan sekitarnya ingin menikmati suasana pegunungan yang hawanya sejuk. Ingin menghilangkan kepenatan dari hawa panas dan hiruk pikuk kota Jakarta. Di puncak, banyak di sediakan tempat-tempat penginapan dari yang murah hingga yang mahal. 

Penginapan yang sangat diminati oleh wisatawan selain hotel adalah villa. Banyak villa-villa kecil dan besar yang menawarkan berbagai fasilitas. Fasilitas yang ditawarkan biasanya ruang tamu yang luas, kamar yang banyak, pemandangan yang indah, perabotan yang lengkap, sarana olah raga seperti kolam renang, kolam air panas, lapangan tenis ataupun bilyard di kompleks villa.  

Hal ini membuat wisatawan yang datang bisa betah berhari-hari di sana. Ditambah lagi, kesejukan udaranya hanya sekitar 14 - 20 derajat celcius. Untuk informasi yang akurat mengenai hotel maupun villa yang ada di puncak bogor, teman-teman dapat browsing di internet saja ya.

Selain menginap, ternyata wisatawan juga kerap mengunjungi daerah-daerah "Wisata Daerah Puncak". Area wisata yang terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara adalah Taman Mekar Sari,  Taman Wisata Riung di puncak gunung Bogor,  Taman Wisata Matahari, Taman Safari Bogor dan masih banyak lainnya.

Nah ... kali ini saya dan rombongan keluarga mengunjungi Taman Safari. Bila teman-teman berada dan merencanakan liburan ke sini, teman-teman dapat melihat binatang-binatang langka yang berkeliaran di taman. Uniknya tempat binatang ini dirancang seperti habitat aslinya. Bahkan sebagian hewan sengaja tidak diberi kandang. Seperti zebra, kerbau liar, lamma, monyet, unta dan masih banyak lainnya, bebas berkeliaran  hingga ke jalanan yang dilalui kendaraan wisatawan. Binatang - binatang ini sudah terbiasa melihat kendaraan. Jadi wisatawan dapat melihat langsung binatang - binatang ini lewat mobil, bus wisata ataupun bus khusus yang disediakan oleh pihak Taman Safari. Peta dari Taman Safari ini dapat teman-teman copy /  save di bagian atas.

Taman Safari Bogor dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif. Luas awalnya hanya sekitar 50 ha dan sekarang sudah berkembang menjadi 168 ha. Letaknya di jl. Raya Taman Safari, desa Cibeureum, kecamatan Cisarua - puncak Bogor. Phone : 0251-8250000, Fax : 0251- 8250555.  Selain di bogor, taman safari di Indonesia juga terdapat di Pasuruan-Jawa Timur dan Gianyar Bali.

Di Taman Safari Bogor, Wisatawan dapat langsung melihat kehidupan binatang dari dekat. Teman-teman juga dapat melihat atraksi Lumba-Lumba, Atraksi Harimau, Atraksi Gajah dan Atraksi Koboi di Wahana wild-wild west. Ada juga danau buatan, sepeda air, kolam renang dengan seluncuran ombak, menunggangi kuda, komedi putar, kincir raksasa, menunggangi gajah, bom-bom car, area gokart, caravan dan hotel, safari trek dan masih banyak lainnya.  

Saat berkunjung ke Taman Safari, kami menggunakan mobil. Pengunjung atau wisatawan harus membeli tiket dulu ya... Wow, ternyata ada perbedaan harga tiket antara wisatawan domestik dan asing. Adapun harga tiket untuk wisatawan domestik yaitu : tiket dewasa 100 ribu rupiah, Anak-Anak (1-5 tahun) 90 ribu rupiah, parkir mobil bayar 15 ribu, parkir bus bayar tiket 20 ribu rupiah. Sedangkan untuk wisatawan asing, teman - teman harus bayar tiket dewasa 180 ribu rupiah, Anak-Anak (1-5 tahun) 160 ribu. Parkir Mobil dan Bus tarifnya sama. Untuk nambah devisa negara kali ya, makanya dibedain tarif tiketnya. Harga tiket ini berlaku pada bulan Juni 2012, mungkin sekarang sudah naik 10 - 20 %.

Oh ya, ketika memasuki gerbang utama, banyak sekali pedagang-pedagan yang menawarkan aneka buah dan sayuran. Banyak wisatawan membeli wortel yang dibandrol seharga 5.000 - 10.000 / ikat. Kami ikutan juga. Kami juga beli beberapa ikat pisang dan kacang. Ternyata di dalam taman kita bisa langsung memberikan makanan ke hewan-hewan herbivora (pemakan tumbuhan).  Benar saja,  begitu kami berada di tempat habitat hewan-hewan itu, kami langsung di sambut seperti pengamen yang antri di lampu merah... :)

Kami lalu membuka kaca jendela mobil sedikit saja. Dianjurkan,  hanya selebar 5 - 15 cm untuk memberikan makanan plus jepret - jepret (foto). Kalo lebar-lebar, kepala binatang - binatang itu bisa masuk dan mencaplok semua persediaan wortel kita, bahkan tak jarang lidahnya menjilat wisatawan yang tidak sengaja membuka membuka kaca jendelanya lebar-lebar ... Olalaa

Sedangkan untuk hewan carnivora (pemakan daging) seperti harimau, macan, buaya dan lain-lain, wisatawan dilarang untuk membuka kaca jendela mobil. Berbahaya. Terkadang, binatang-binatang ini naik sampai ke kap mobil. Jangan di klakson, karena akan membuatnya marah. Biarkan saja hingga dia pergi. Syukur-syukur ada pawangnya yang lewat dan mengusir dari mobil kita. Tak jarang, binatang-binatang ini mencakar mobil atau binatang herbivora menempelkan tanduk, kukunya ke mobil. Alhasil, mobil jadi tergores-gores deh ... xixixixi

Untuk mengunjungi Taman Safari Bogor, teman-teman juga dapat menghubungi agen-agen wisata yang menawarkan paket wisata dengan harga terjangkau. Salah satu agen wisata yang menawarkan paket menarik wisata ke Taman Safari Bogor adalah : Tiket.com. 
 
Paket wisata ini biasanya dipergunakan oleh rombongan mulai dari keluarga hingga komunitas sekolah, perguruan tinggi, pekerja maupun klub.  Harga paket yang ditawarkan mulai dari 329 ribu rupiah / orang untuk 8 orang. Sedangkan untuk 54 orang hanya dikenakan biaya 239 ribu / orang. Semakin banyak yang ikut, biayanya semakin murah. Harga paket sudah termasuk penjemputan dari Bandara atau dari suatu tempat di Jakarta, makan, tiket masuk, air mineral dan seorang guide bila pesertanya lebih dari 25 orang.

Tertarik ?? Tunggu apa lagi. Jalan - jalan ke puncak yuk ....




Burung Kasuari asal Papua




Gajah dan Bayinya



3 komentar: