Selasa, 08 Desember 2020

Kawasan Batur yang Mempesona

Baca Juga

Kawasan Batur yang Mempesona - Bila anda ke bali island resorts yang merupakan salah satu pulau wisata di Indonesia, jangan lupa untuk mengunjungi kawasan Batur. Batur adalah salah satu obyek wisata Bali yang juga kerap dikunjungi oleh wisatawan domestik dan manca negara.

Kawasan desa Batur ini terletak di kecamatan Kintamani - Kabupaten Bangli pulau Bali. Kabupaten Bangli berdekatan dengan Singaraja. Sedangkan obyek wisata yang berdekatan dengan kawasan Batur adalah Tampaksiring dan Besakih.

Tentunya, nama wilayah Kintamani sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan yang pernah berkunjung ke Bali. Sebab lokasi wisata Bali  ini menyuguhkan  panorama pegunungan Batur serta danau Batur yang sudah terkenal di manca negara. Perjalanan dari Denpasar ke Kintamani dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan darat menuju Penelokan. Jaraknya kurang lebih 67 Km dari kota Denpasar. Mulai dari Penelokan ini, wisatawan akan menikmati panorama yang menakjubkan. 

Wisatawan akan sering menemukan persawahan yang ditata dengan teratur, perkebunan serta rumah-rumah tradisional masyarakat Bali. Memasuki Penelokan, wisatawan akan disambut oleh panorama antara kombinasi  Gunung Batur dan hamparan bebatuan hitam disambung oleh Danau Batur. Panorama yang indah ini kerap mengundang decak kagum dari setiap wisatawan. Danau Batur luasnya 16 km persegi dengan kedalaman 65 - 70 meter dan merupakan sumber mata air bagi masyarakat desa Batur. Berbentuk bulan sabit dan berwarna kebiruan pada sebuah kaldera dan dianggap sebagai salah satu kaldera terindah di dunia. 

Di kawasan Batur ini sudah banyak sekali didirikan tempat penginapan, parkir, rumah makan, restoran, toilet, warung telekomunikasi, serta berbagai kedai yang menjual makanan serta minuman. Beberapa tempat penginapan yang sering dikunjungi wisatawan adalah Lakeview Hotel dan Restaurant, Batur Lakeside Hut, The Ayu Kintamani Villa, The volcania guest house, Baruna Cottages, Restoran Batur Sari Kintamani dan lain sebagainya.

Wisatawan kerap berkunjung ke daerah ini terutama pada saat hari raya Galungan, Idul fitri maupun pada saat akhir dan awal tahun baru. Biasanya mereka akan mengunjungi Pura yang bernama Pura Batur. Pura ini juga merupakan salah satu pura kahyangan jagat di Bali. Bila ada yang hobi mendaki, mereka menjajal dan mendaki di gunung Batur yang memiliki ketinggian 1.717 di atas permukaan laut. Gunung Batur ini  merupakan gunung api yang masih aktif. Pernah meletus pada tahun 1917 dan menewaskan lebih dari 1000 orang serta menghancurkan lebih dari 2500 tempat sembahyang termasuk pura Ulun Danu Batur.

Namun, bila wisatawan melintasi danau, wisatawan dapat berkunjung ke desa tua yang bernama Terunyan. Desa Terunyan kaya akan kebudayaan kuno yang disebut Bali Aga. Ada kebiasaan unik dari masyarakat, dimana bila orang meninggal tidak dikubur di dalam tanah. Melainkan, diletakkan begitu saja di bawah sebuah pohon dan mayat-mayat ini tidak mengeluarkan bau sama sekali. Mengapa ? Karena kayu dari pohon tersebut menetralkan semua udara yang berbau busuk di sekitar pohon ... wow.

Bagi teman-teman yang ingin menikmati panorama kawasan Batur - Kintamani ini dapat menggunakan paket tour bali murah yang banyak disediakan di bandara, internet maupun travel. Untuk lebih menyemarakkan perjalanan anda di pulau Bali, jangan lupa untuk berkunjung ke Tanah Lot yang memiliki sunset yang sangat indah. 

Selamat berlibur ya ...

Pura Batur

Danau Batur seperti "Bulan Sabit"





(dikutip dari berbagai sumber)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar