Selasa, 15 Desember 2020

Kawah Putih Bandung

Baca Juga

Salah satu daerah wisata yang terkenal dengan kawahnya selain Kawah Gunung Bromo - Jawa Timur adalah Kawah Putih. Kawah ini merupakan sebuah danau kawah dari gunung Patuha yang terletak di selatan kota Bandung yang bernama Ciwidey. Kawah ini hanya berjarak  kurang lebih 5 km dari obyek wisata Patenggang - Bandung dan 35 km dari pusat kota Bandung. Jarak ini bisa ditempuh dengan kendaraan selama 2,5 jam.
 

Ada 2 buah kawah yang terdapat pada gunung  Patuha yaitu  kawah Saat dan Kawah Putih. Tapi wisatawan lebih senang berkunjung ke Kawah Putih. Kawah ini terbentuk akibat letusan gunung yang terjadi pada abad X dan XII. Kawah ini terletak di ketinggian 2.194 dpl dan memiliki suhu antara 8 - 22 derajat celsius. Keunikan dan ciri khas pada kawah danau  ini adalah warna airnya. Kadang warnanya seperti hijau apel, kadang kebiru-biruan dan coklat susu bila terkena pantulan sinar matahari. Namun lebih sering airnya terlihat putih dengan kabut tipis di atasnya. Keberadaan kawah putih ini sering digunakan sebagai obyek untuk pre - wedding karena pemandangannya yang eksotis. Inilah salah satu keunikan yang dimiliki oleh wisata bandung.


Akses menuju kawah putih ini bila dari Jakarta dapat melewati tol Cipularang menuju pintu keluar tol Kopo. Kemudian menuju Soreang di arah selatan kota Ciwidey. Waktu tempuh dari Ciwidey 20 - 30 menit menuju gerbang Kawah Putih. Dari gerbang menuju kawah jaraknya masih jauh sekitar 6 km dengan jalan yang menanjak.

Akses lainnya untuk menuju wisata bandung ini bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi umum dari terminal Kebun kelapa maupun Leuwi Panjang di Bandung dengan rute Ciwidey. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan dengan tujuan Situ Patenggan.

Setiap harinya Kawah Putih dibuka mulai pukul 07.00 - 17.00 wib.  Harga tiket masuk 15.000 ribu rupiah per orang baik hari biasa maupun di hari libur. Hanya untuk foto pre-wedding biaya tiketnya sekitar  350.000 per rombongan. Untuk masuk mobil dikenakan biaya tambahan sebesar 150.000 rupiah dan motor 35.000 rupiah. Fasilitas yang disediakan di sini adalah area parkir yang luas, musholla, transportasi transit, pusat informasi serta adanya wisata kuliner.


Senangnya bisa ke kawah putih ciwidey. Wisata bandung memang tiada habisnya untuk diceritakan. Kunjungi juga tempat wisata menariknya seperti tempat wisata romantis yang eksotis di bandung...  Selamat berlibur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar