Jumat, 30 April 2021

Wisata Tanah Lot Bali

Baca Juga

 
Tanah Lot adalah salah satu wisata bali yang layak dikunjungi. Tanah ini menjadi terkenal akan keindahan bentuk tanahnya yang berada di tebing dan menjorok atau menonjol ke arah laut.

Keunikan Tanah Lot 

Uniknya, di atas tebing yang mirip dengan ujung kapal ini dibangun pura (tempat umat Hindu sembahyang). Pura ini dijadikan masyarakat setempat menjadi tempat pemujaan bagi dewa-dewa laut dan merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan.

Hari raya yang dirayakan di pura ini juga sama dengan pura-pura lainnya di Bali. Dirayakan setiap 210 hari sekali. Ada hari raya Galungan dan Kuningan yang lebih tepatnya dirayakan pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Pada hari-hari tersebut, pura akan ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat untuk bersembahyang. (Wikipedia)

Kelebihan Tanah Lot merupakan tempatnya yang indah, sejuk, panorama alam yang luar biasa. Ada wc yang harga sewanya lumayan murah buat kantong turis domestic sekalipun. 

Disitu terdapat ular suci yang kita bisa menyentuhnya serta membayar seikhlasnya. Dan panorama sunset yang sangat luar biasa tiap sore, serta deburan ombak yang menenangkan jiwa.

Objek wisata Tanah Lot ialah wisata yang sangat populer di dunia serta ialah wisata terbaik di Pulau Bali yang senantiasa menjadikannya destinasi kesukaan buat menikmati sunset ataupun matahari tenggelam dikala di pulau dewata. Ditata dengan baik dengan bermacam penunjang sarana yang mencukupi, sehingga sanggup menampung puluhan bis pariwisata serta mobil dan kebutuhan yang lain.

Tidak bisa dipungkiri kalau banyak sekali energi tarik yang dipunyai oleh Pura Tanah Lot Bali ini. Salah satunya ialah ada jalur mengarah tanah lot yang seakan- akan“ menghilang” dikala air pasang. 

Serta pada dikala air surut para turis dapat berjalan kaki mengarah Pura buat memandang Pura serta Ular laut yang ada disitu, tetapi dikala air pasang jalanan tadi hendak kembali tertutup air. Tidak hanya itu di Pura ini

pula menyajikan 3 campuran wisata sekalian ialah alam, sejarah, serta religi. Energi Tarik Tanah Lot tidak cuma menyajikan eksotisnya pura yang berdiri, tetapi dengan panorama alam tepi laut yang indah terlebih dikala senja, nampak begitu mistis serta sakral.

Dengan keelokan tersebut, pura itu sendiri mempunyai keajaiban disebabkan mempunyai mata air tawar yang berasal dari deburan ombak laut asin. Ini dibuktikan kala air laut tersebut diminum serta tidak terasa asin sama sekali, apalagi mempunyai rasa yang fresh.

Selain itu, terdapat sebuah jembatan batu yang melengkung dan menghubungkan antara pura yang ada di tebing dengan daratan. Di bawah lengkungan batu yang mirip jembatan ini terlihat air laut yang sebagian besar berisi karang-karang. Tentu saja hal ini lebih memperindah pemandangan dari tanah lot ini. Maka tak heran bila tanah lot menjadi tempat wisata yang terkenal di Bali yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun manca negara.

Baca Juga 

Legenda Tanah Lot

Bagi legenda, pura ini dibentuk oleh seseorang brahmana yangmengembara dari Jawa. Dia merupakan Danghyang Nirartha yang berhasilmenguatkan keyakinan penduduk Bali hendak ajaran Hindu serta membangunSad Kahyangan tersebut pada abad ke- 16. Pada dikala itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap dia sebab para pengikutnya mulaimeninggalkannya serta menjajaki Danghyang Nirartha. Bendesa Berabenmenyuruh Danghyang Nirartha buat meninggalkan Tanah Lot. Iamenyanggupi serta saat sebelum meninggalkan Tanah Lot dia dengankekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah tepi laut( bukan ketengah laut) serta membangun pura disitu. Dia pula mengganti selendangnya

jadi ular penjaga pura. Ular ini masih terdapat hingga saat ini serta secarailmiah ular ini tercantum tipe ular laut yang memiliki identitas berekor pipihseperti ikan, warna gelap berbelang kuning serta memiliki toksin 3 kali lebihkuat dari ular cobra. Akhir dari legenda mengatakan kalau BendesaBeraben kesimpulannya jadi pengikut Danghyang Nirartha. 

Suasana Sore Hari


Tanah Lot Tour sebenarnya lebih dominan menonjolkan keindahannya, bila disaksikan pada sore hari atau pada saat menjelang matahari terbenam. Sunsetnya sangat indah. Maka tak heran, puncak dari wisata tanah Lot ini terjadi pada saat matahari terbenam. Sangat disayangkan apabila teman-teman datang ke tanah Lot ini pada pagi atau siang hari. Untuk itu, teman-teman dapat mengatur jadwal perjalanannya  Bila datang sendiri, tentu hal ini tidaklah masalah. Tapi bila teman-teman mengikuti paket tour bersama rombongan, ada baiknya mengatur jadwal agar tiba di tanah lot menjelang matahari terbenam. Jangan sampai keliru ... :)


Tanah Lot ini letaknya tidak jauh dari pantai Kuta. Perjalanan yang ditempuh menuju tanah ini, hanya sekitar kurang lebih 45 menit. Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari luar pulau ataupun manca negara dapat langsung mendarat di Bandara Ngurah Rai bila via udara dan meluncur ke tanah Lot. Bila teman-teman ingin mengunjungi tempat-tempat lainnya di Bali, teman-teman dapat mengambil paket tour. Banyak sekali agen-agen perjalanan yang menawarkan paket tour bali murah yang dapat anda temui di internet, bandara, terminal maupun media cetak lainnya. Atau anda dapat juga klik di sini.
 
Jadi tunggu apalagi .... Selamat berlibur ya.

(dikutip dari berbagai sumber)



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar