Rabu, 01 April 2020

Taman Mini Indonesia Indah - Jakarta

Baca Juga

Bagi warga Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada khususnya adalah salah satu alternatif daerah wisata yang kerap dikunjungi. TMII adalah taman wisata selain Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) yang sangat dekat dengan daerah perkotaan dan dilalui oleh kendaraan umum baik yang kecil maupun yang besar. 
 
 

Tiket Masuk 

Adapun tiket masuk dari gerbang taman ini dapat dilihat pada tabel di bawah ini : 
 

Tiket   Pintu Masuk Rp. 20.000,-
Mobil Rp.   20.000,-
Bus/Truk Rp.   40.000,-
Motor Rp.   15.000,-
Sepeda Rp.   1.000,-
 

Keterangan :

  • Harga berlaku senin s/d jum'at, sabtu-minggu, hari libur
  • Perorangan (3 Tahun sudah dikenakan biaya)
  • Senin - Minggu Jam Operasional Pintu Masuk TMII 07.00 - 22.00 WIB 
 
Baca Juga : 

Letak Lokasi TMII 

Terletak di Jakarta Timur dan memiliki area sekitar 150 km persegi. Taman yang dibangun pada tahun 1975 merupakan tempat yang mewakili atau merangkum kebudayaan bangsa Indonesia dari sabang hingga merauke. Masing-masing provinsi yang ada di Indonesia ditampilkan dalam bentuk rumah adat dengan arsitektur tradisional.  
 

Rumah Adat di Taman Mini 

Pada anjungan rumah adat masing-masing daerah, anda dapat melihat dan menyaksikan : 
  1. aneka pakaian adat dan busana pernikahan, 
  2. tarian, 
  3. musik daerah, 
  4. artefak etnografi seperti senjata berburu dan perabotan sehari-hari. 
  5. dll
Semuanya dimaksudkan untuk memberi informasi selengkap-lengkapnya mengenai tradisi kehidupan sehari-hari di masing-masing provinsi. Bagi anda yang memiliki hobby potret sana - potret sini, siap-siap deh jarinya pegel ... Olalaa

 
Bila dilihat dari atas, di tengah-tengah Taman Mini terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur pulau-pulau yang ada di Indonesia. Untuk melihat Taman Mini dari atas, pengunjung dapat menggunakan kereta gantung. 
 

Fasilitas TMII

Di Taman Mini juga terdapat berbagai fasilitas seperti :   
  1. Bangunan Keagamaan, 
  2. Museum, 
  3. Teater IMAX, 
  4. Teater Tanah Airku, 
  5. Keong Mas,\
  6. Snowbay, 
  7. Taman flora dan fauna, 
  8. Wisata Kuliner 
  9. dan berbagai wahana lainnya.


Untuk mengunjungi Taman Mini sangat mudah. Taman Mini terletak di jalan Taman Mini Raya yang bisa diakses dari terminal bis Kampung Rambutan maupun keluar tol Tamini. 
 
Para wisatawan bisa langsung mengendarai sepeda motor atau menyewa bis. Saat ini di daerah Tugu Monas sudah ada bus wisata gratis, kemungkinan di daerah TMII akan segera diadakan. 
 
Bila anda terpaksa jalan kaki karena motor dan mobil lagi rusak atau lagi di dealer .... :). Jangan kuatir, disana juga disediakan mobil angkutan atau motor sewaan yang bisa dipakai untuk berkeliling. 

Selain dikunjungi oleh para wisatawan dalam dan luar negeri, TMII juga kerap dikunjungi oleh Kepala Negara maupun Kepala Pemerintahan dari negara-negara sahabat di seluruh dunia. 
 
Uniknya, hampir di setiap kedatangan tamu-tamu negara tersebut diadakan upacara penanaman pohon beringin. Penanaman pohon beringin ini setidaknya sudah ada 130-an pohon, yang beberapa diantaranya ditanam oleh tokoh-tokoh dunia. Jumlah ini juga diperkaya oleh lebih dari 100 pohon dari berbagai jenis, baik dari dalam maupun luar negeri.
 
Jadi bagi anda yang belum pernah ke TMII, jangan ditunda lagi kunjungannya. Pasti menyenangkan...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar