Selasa, 25 Februari 2020

Taman Impian Jaya Ancol - Jakarta

Baca Juga

Salah satu tempat wisata yang juga kerap dikunjungi adalah Taman Impian Jaya Ancol yang berlokasi di Jakarta Utara. Taman Impian Jaya Ancol dibangun tahun 1966, luasnya 552 ha. 
 
Ancol dibangun sebagai suatu kawasan hiburan terpadu yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pembangunannya dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional, dengan kemudahan akses melalui jalan tol, bus transjakarta, maupun melalui kendaraan umum lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, Taman Impian Jaya Ancol mulai dibangun dengan pengelolaan area wisata dan kegiatan usaha penunjang yaitu entertainment, konvensi dan wisata belanja. Pembangunan dan pengelolaan yang telah dilakukan adalah meliputi : Pantai dan Taman, Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, Sea world, Padang Golf Ancol, Marina, Pasar Seni, Hailal Executive Club, Kereta Gantung, Bowling serta Aneka Wisata Kuliner. 

Pantai dan Taman yang ada di Ancol merupakan wahana hiburan yang menawarkan kesegaran suasana pantai. Pantai dan taman ini dibangun sepanjang kurang lebih 5 km dengan promenade sepanjang 4 km. Ada beberapa pantai yang terdapat di Ancol seperti : Pantai Indah, Pantai Elok, Pantai Carnival, Pantai Festival dan Pantai Ria. Selain itu terdapat pula sebuah Danau Impian. Untuk anda yang ingin menikmati pemandangan laut dari atas, pengelola Taman Impian Jaya Ancol juga menyediakan kereta gantung. Kereta gantung ini terbentang sepanjang 2,4 km dari Pantai Festival hingga area parkir Atlantis Water Adventure. 


Dunia Fantasi (Dufan) adalah pusat hiburan outdoor yang dibangun pada tahun 1986 dan memanjakan wisatawan untuk berfantasi ke sekeliling dunia. Berbagai wahana berteknologi tinggi dari beberapa negara ada di sini. Terlebih yang menjadikannya sebagai pusat endutainment adalah ketika dibukanya Pentas Prestasi dan Fisika Dunia Fantasi. Pada tahun 2009, Dufan telah memiliki ISO 9001.


Atlantis Water Anventure, merupakan theme park kedua yang dikembangkan di Ancol. Dibangun pada lahan seluas 5 ha. Di sini pengunjung dapat menikmati petualangan wisata air dengan 8 kolam utama.

Gelanggang Samudra, merupakan theme park ketiga yang merupakan konservasi alam agar pengunjung lebih mengenal margasatwa laut seperti lumba-lumba, paus putih, anjing laut. Di gelanggang ini juga terdapat pertunjukan 3 Dimensi yang  membuat pengunjung seolah-olah dapat bersentuhan dan dapat merasakan suasana yang terdapat dalam pertunjukan film. Pada adegan tertentu anda dapat juga merasakan hembusan angin, kursi bergoyang maupun maupun siraman air.  




Sea World adalah aquarium under water pertama yang dibangun di Indonesia. Dibangun pada area seluas 2 ha dan dikelola dengan format BOT.

Padang Golf Ancol adalah fasiltas olahraga yang bernuansa pantai. Memiliki 18 hole dengan desain unik.

Pasar Seni  merupakan pusat kegiatan seni yang terdapat di Ancol yang dapat memberikan inspirasi serta wawasan bagi para kolektor seni. Pasar ini juga dilengkapi dengan Galeri Pameran atau North Art Space, toko cindera mata, plaza serta Panggung Pertunjukan Seni Budaya.
 

Hailal Executive Club merupakan klub eksekutif bertaraf internasional yang dilengkapi dengan sebuah restoran dengan jumlah kursi 3000 buah, sarana olah raga dan hiburan.

Terdapat pula beberapa fasilitas penginapan atau hotel yang terdapat di dalam Taman Impian Jaya Ancol seperti : Putri Duyung Cottage, Mercure Convention Centre, Hotel Raddin Ancol. 



Putri Duyung Cottage,  merupakan penginapan bergaya pantai dengan romantisme Indonesia timur yang disediakan kepada  pengunjung. Cottage ini memiliki kapasitas 133 kamar. Di sini terdapat juga  fasilitas khusus seperti ruang serba guna, ruang rapat dan lokasi pesta pantai. Selain itu ada fasilitas kolam renang, tenis meja, sepeda, lapangan tenis serta voli pantai. Selain itu ada juga apertemen yang telah dibangun seperti : Ancol Mansion dan Mediterania Marina Ancol.


Jadi tunggu apa lagi, bagi anda yang belum pernah berkunjung dapat segera menyusun jadwal wisata ke Taman Impian Jaya Ancol dalam waktu dekat ini. Untuk menikmati wahana, anda dapat membeli tiket terusan. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, tiket terusan ini sering promosi dengan memberikan diskon hingga 50 %.  Dijamin OK deh ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar