Minggu, 09 Maret 2014

Sistem Pemerintahan Indonesia untuk Pariwisata

Baca Juga

Tidak bisa dipungkiri bahwa campur tangan dari pemerintah dalam sebuah sistem adalah sesuatu hal yang dapat mempengaruhi hal-hal yang substansi dalam kehidupan bernegara. Sistem pemerintah Indonesia yang ada, salah satunya adalah memajukan pariwisata. 

Kesan yang terjadi selama ini adalah menyerahkan segala sesuatunya kepada pemerintah daerah. Sementara dari berbagai sudut, banyak hambatan yang dialami oleh daerah untuk pengembangan sektor pariwisata. Tak jarang juga kita melihat adanya sistem pemerintah Indonesia yang melakukan tebang pilih dalam memajukan pariwisata di daerah. Tidak adanya pemerataan ini dapat juga sebagai faktor yang menyebabkan kemajuan pembangunan serta tingkat ekonomi di suatu daerah. 

Semua daerah tentunya ingin memperoleh peningkatan ekonomi dan pembangunan di daerahnya masing-masing dari sektor pariwisata. Tapi bila kita cermati lagi, ternyata tidak semua daerah memiliki tempat alami yang bisa dijual oleh pariwisata. Sehingga sebenarnya bagaimana pemerintah pusat dan daerah bekerjasama untuk memajukan sektor pariwisata yang sudah ada (pantai, laut, taman, air terjun dan lain-lain) atau juga menciptakan tempat - tempat wisata non alami yang bisa meningkatkan sektor pariwisata. Non alami ini seperti : Water boom, kebun binatang, kampung kuliner dan lain-lain.  

Peran serta pemerintah dalam membangun sektor pariwisata adalah :
  1. Menciptakan Peraturan yang mendukung tumbuh dan berkembangnya pariwisata dari pintu gerbang Indonesia. Baik dalam pengurusan surat-surat, promosi, kebijakan dan lain-lain yang memungkinkan wisatawan tertarik untuk berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia.
  2. Keselamatan dan Keamanan dari wisatawan menjadi faktor penentu juga sistem pemerintahan Indonesia mendukung pariswisata. Bila adanya rasa tidak nyaman seperti di arena pertempuran, maka hanya sedikit wisatawan yang berkunjung ke daerah Indonesia.
  3. Ongkos atau biaya untuk menuju ke daerah wisata, kelengkapan dari transportasi umum atau transportasi khusus wisatawan dengan harga bersaing akan membuat wisatawan lebih mantap melangkahkan kakinya ke daerah wisata. Sebenarnya di dunia ini, orang-orang senang berwisata tapi faktor ongkos ini sering menjadi kendala bagi wisatawan untuk berekreasi.
  4. Sarana dan Fasilitas yang memadai dan standar internasional tentunya akan membuat wisatawan nyaman.
  5. Bersih dan sehat juga perlu diperhatikan untuk mempertahankan wisatawan betah.
  6. Budaya yang baik yang diciptakan dan digalakkan tentunya akan membuat Indonesia terkenal di mata wisatawan dunia, seperti keramahan, terbuka dan menyenangkan tentu hal-hal yang disenangi oleh wisatawan.
Nah tentunya bila sistem pemerintahan indonesia dibangun dari hal-hal tersebut di atas diharapkan sektor pariwisata akan lebih berkembang. Tingkat ekonomi yang meningkat ditandai dengan seperti berkurangnya pengangguran, meningkatnya daya beli masyarakat, adanya perubahan pola pikir yang mengarah kepada kemajuan, pertukaran budaya dan lain-lain. 

Masih banyak lagi yang harus kita rubah dalam sistem pemerintahan Indonesia di sektor pariwisata. Banyak juga pulau-pulau kecil lainnya yang dapat dijadikan pulau wisata di Indonesia. Apa teman-teman ada saran ? Terima kasih sebelumnya. 

Bagi teman-teman yang ingin berlibur, jangan lupa kunjungi surga bagi para penyelam di Nias Island ataupun surga kecil di pulau Banten yang bernama pulau Umang
(dikutip dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar